Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mahasiswa

1. Surat Keterangan Bebas Tanggungan  Laboratorium

2. Panduan penulisan Artikel Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto

3. Form Laporan Kegiatan Fakultas

4. Permohonan Cuti Akademik

Ketentuan tentang Cuti Akdemik Mahasiswa

Persyaratan:

Mahasiswa yang diijinkan cuti akademik harus memenuhi syarat sebagaiberikut :

1. Telah mengikuti pendidikan secara terus menerus pada fakultas/ jurusan/ program studi sekurang-kurangnya 2 (dua) semester.

2. Bukan putus studi karena tidak memenuhi persyaratan Akademik pada fakultas/ program studi (bukan karena drop out).

3. Persetujuan cuti akademik dari Dekan Fakultas/Ketua Program Studi dengan dilampiri:

- Kartu Mahasiswa
- Tanda bukti pembayaran SPP semester yang telah berjalan
- Surat Keterangan Bebas Pinjam Buku Perpustakaan Pusat danFakultas
- KHS semester I sampai dengan KHS semester akhir sebelum cutiakademik.

Tata Cara Mengajukan Permohonan Cuti Akademik

Mahasiswa yang akan cuti akademik harus mengikuti tata cara sebagai berikut:

1. Mengajukan permohonan secara tertulis kepada Rektor yang diketahui dan disetujui Dekan/Ketua Program Studi yang dibuat rangkap dua:

- lembar pertama asli untuk Rektor
- lembar kedua untuk arsip yang bersangkutan

2. Permohonan harus dilampiri dengan persyaratan sebagaimana yang tercantum di atas.

5. Permohonan Aktif Kembali Dengan Cuti

Ketentuan Aktif Kembali Mahasiswa Setelah Cuti

Mahasiswa yang mengambil cuti akademik dapat aktif kembali kuliah denganpersyaratan sebagai berikut :

  1. Mengajukan permohonan secara tertulis pada rektor yang diketahui olehDekanFakultas/Ketua Program Studi, dibuat rangkap 2 (dua):
  2. Permohonan tersebut harus dilampiri Surat Ijin Cuti Akademik
  3. Permohonan aktif kembali setelah cuti akademik harus diajukan secaratertulis oleh mahasiswa yang bersangkutan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu sebelum kuliah semester dimulai.
  4. Permohonan tidak dapat dipertimbangkan, bila pengajuan melampaui batas waktu.
  5. Beban belajar bagi mahasiswa yang aktif kemabali setelah cuti akademik maksimal 20 sks.

6. Permohonan Aktif Kembali Tanpa Cuti

Ketentuan Aktif Kembali Mahasiswa Tanpa Cuti

Mahasiswa yang akan aktif kembali tanpa surat cuti akademik harus memenuhi persyaratan :

  1. Masa studi tidak melebihi masa studi efektif;
  2. Daftar ulang terakhir tidak melebihi 4 (empat) semester;
  3. Penyelesaian beban studi tidak melebihi masa studi efektif.

Tata Cara Aktif Kembali Tanpa Cuti Akademik

  1. Mengajukan permohonan secara tertulis pada Wakil Rektor I Bidang Akademik yang diketahui oleh Ketua Program Studi;
  2. Permohonan aktif kembali tidak dengan cuti akademik harus diajukan secara tertulis oleh mahasiswa yang bersangkutan selambat-lambatnya 2 (dua) minggu sebelum kuliah semester dimulai ke Biro Administrasi Akademik (loket 3) Kantor Pusat UMP;
  3. Permohonan tidak dapat dipertimbangkan, bila pengajuan melampaui batas waktu.

 

7. Permohonan Pindah Antar Prodi

Ketentuan tentang Mahasiswa Pindah Antar Program Studi di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Persyaratan :

  1. Masih terdaftar sebagai mahasiswa dan telah mengikuti pendidikan terus menerus pada program studi asalnya sekurang-kurangnya 2 (dua) semester;
  2. Mendapat izin tertulis dari pimpinan fakultas/program studi asal dan yang dituju;
  3. Memenuhi ketentuan khusus dari fakultas/program studi yang dituju;
  4. Mendapat rekomendasi dari Biro Konsultasi Psikologi universitas;
  5. Jenjang pendidikan program studi asal harus sama dengan program studi tujuan;
  6. Konversi mata kuliah diatur oleh program studi tujuan;
  7. Perpindahan hanya dapat dilakukan pada awal tahun akademik.

Tata Cara Pindah :

  1. Mahasiswa yang bersangkutan mengajukan permohonan pindah secara tertulis dialamatkan kepada Rektor dan tembusan kepada Dekan Fakultas yang dituju;
  2. Surat permohonan pindah dilampiri :Kartu Hasil Studi (KHS) per semester dan Indek Prestasi Kumulatif yang dikeluarkan oleh fakultas;

·         Kartu Hasil Studi (KHS) per semester dan Indek Prestasi Kumulatif yang dikeluarkan oleh fakultas;

·         Persetujuan pindah dari fakultas/program studi asal dan yang dituju;

·         Surat keterangan dari Biro Konsultasi Psikologi UMP;

·         Persetujuan pindah orang tua/wali/penanggung jawab biaya pendidikan/ suami/istri;

·         Surat persetujuan dari pimpinan instansi/kantor (bila mahasiswa yang bersangkutan telah bekerja).

8. Permohonan Pindah Dari Perguruan Tinggi Lain

Ketentuan tentang Mahasiswa Pindah Dari Perguruan Tinggi Lain

Persyaratan :

1.   Mendapat izin tertulis dari perguruan tinggi asal;

2.   Masih terdaftar pada PDPT PT asal;

3.   Masa Studi asal tidak lebih dari n-1;

4.   Dua tahun terakhir aktif dari perguruan tinggi asal dan bukan drop out atau terkena sanksi;

5.   Harus mengikuti kuliah minimal 40 sks untuk program diploma iv, sarjana dan 30 sks untuk program diploma;

6.   Jenjang pendidikan program studi asal harus sama dengan program studi tujuan;

7.   Program studi asal harus memiliki izin penyelenggaraan dari Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan/atau Kementerian Agama;

8.   Status akreditasi program studi perguruan tinggi asal minimal sama dengan program studi yang dituju;

9.   Konversi mata kuliah diatur oleh program studi tujuan;

10. Memenuhi persyaratan administrasi sebagaimana mahasiswa baru;

11. Perpindahan hanya dapat dilakukan pada awal tahun akademik.

Tata Cara Pindah :

1. Mahasiswa yang bersangkutan mengajukan permohonan pindah secara tertulis dialamatkan kepada Rektor dan tembusan kepada Dekan Fakultas yang dituju,

2. Surat permohonan pindah dilampiri :

a. Surat keterangan pindah dari PT asal

b. Surat keterangan mutasi dari PT asal

c. Keterangan status PDPT

d. Menyerahkan transkrip akademik semester 1 sampai dengan semester terakhir dari perguruan tinggi asal yang telah disahkan

e. Fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisasi

f.  Fotokopi KTP

g. Surat izin belajar dari pimpinan instansi yang bersangkutan bagi yang sudah bekerja;

h. Surat persetujuan dari ketua program studi asal beserta informasi konversi mata kuliah yang harus ditempuh.

9. Permohonan Pindah Ke Perguruan Tinggi Lain

Ketentuan tentang Mahasiswa Pindah ke Perguruan Tinggi Lain

Persyaratan:

  1. Status mahasiswa aktif dan terdaftar pada PDPT;
  2. Mendapatkan persetujuan dari ketua program studi;
  3. Tidak mempunyai tanggungan keuangan dan tanggungan lainnya, dibuktikan dengan surat keterangan bebas perpustakaan dan bebas tanggungan pinjaman dari fakultas;
  4. Menyerahkan surat permohonan pindah yang diketahui orang tua/wali dilampiri transkrip yang disahkan fakultas;

Tata Cara Pindah :

  1. Mahasiswa yang bersangkutan mengajukan permohonan pindah ke perguruan tinggi lain (ditulis jelas nama istitusinya) secara tertulis dialamatkan kepada Rektor dan tembusan kepada Dekan Fakultas asal,
  2. Surat permohonan pindah dilampiri :

a. Persetujuan pindah ke PT lain dari Ketua Program Studi asal;

b. Persetujuan pindah dari orang tua/wali;

c. Surat keterangan bebas tanggungan perpustakaan (pusat dan fakultas) dan bebas tanggungan pinjaman fakultas;

d. Transkrip/daftar nilai yang diperoleh yang disahkan fakultas;

e. Kartu Mahasiswa.

10. Alur Skripsi

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru

Skripsi Online