Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

ChEACo Ramaikan Teknik Kimia UMP

UMP, Sabtu-Minggu, 25-26 Februari 2017 yang juga bertepatan dengan 28-29 Jumadil Awwal 1438 H, Fakultas Teknik UMP diramaikan dengan adanya suatu event yang berjudul ChEACo (Chemical Engineering Annual Competition ) 2017 antar SMA/SMK se-Jateng & DIY. ChEACo yang tahun ini bertema “Advance Innovation Engineering and Applied Science” dimana event ini terbagi menjadi 3 sub-kegiatan ini terbagi menjadi SHE CHAMP (Senior High School Erudition Championship), Lomba Kimia antar SMA/SMK dan Workshop.

Sebagai pembuka acara, Wakil Dekan III Fakultas Teknik UMP, Teguh Marhendi, S.T., M.T. menyampaikan bahwa Teknik Kimia sendiri memilii mahasiswa yang bekompeten & berprestasi seperti yang baru-baru ini memenangkan juara ke-3 se Universitas dalam debat bahasa inggris “EVO Debating Competition” dimana peringkat diraih oleh Prodi Sastra Inggris disusul oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Peringkat kedua. Tak hanya itu, UMP yang sedang berjalan menuju World Class University tak tanggung-tanggung sudah mengirimkan mahasiswanya untuk PPL internasional di malaysia dan untuk menjadi presenter pada seminar internasional yang diadakan di kamboja, Taiwan , Jepang dan Korea.


SHE CHAMP sendiri merupakan lomba presentasi karyatulis antar SMA & SMK dengan sub tema Polymer, Energi, Pangan, Limbah & Membran. Topik-topik yang para peserta ambil sebagai dasar karya tulis mereka juga menarik, taruhlah SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto dengan judul DODOLISANG “Dodol Bonggol Pisang” , Pembuatan Sirup Kesehatan untuk penderita HIV & AIDS yang menggunakan tanaman herbal Aglaia lawii yang banyak tewrdapat di Pulau Nusa Kambangan. Sementara itu Lomba Kimia dilaksanakan pada hari Minggu seusai SHE CHAMP. Penyerahan Trophy & Sertifikat Juara bagi pemenang 1, 2, dan 3 semakin meriah dikarenakan adanya hiburan berupa komedi “Motivasi” yang diusung oleh tim HMPS teknik Kima UMP yang dibawakan dengan bahasa Jawa & lantuan “Mocopat” yang kocak sehingga audience yang terdiri dari para peserta, Dosen dan Guru pendamping semakin terpukau sekaligus berkesan dengan acara ini. Untuk juara SHE CHAMP, tahun ini diraih oleh SMA Negri 2 Purwokerto sebagai peringkat pertama disusul oleh SMA Negri 3 Cilacap sebagai juara 2 diikuti oleh SMA Negri 1 Bumiayu sebagai juara 3. Lomba Kimia sendiri Juara pertama diraih oleh MA Alhikmah 2 Benda disusul oleh SMA Negeri 2 Purwokerto sebagai juara 2 dan juara 3 oleh SMA Negeri 1 Bantarsari.


Sebagai penutup acara, Kaprodi Teknik Kimia, Haryanto,Ph.D menyampaikan motivasi singkat kepada para peserta. Haryanto menambahkan, semua peserta harus bisa berpikir “If you think you can win, then you can win ‘cause faith is neccesary” dan “You’re not obligated to win, but you’re obligated to keep trying to be the best”, tuturnya. Dua quotes tersebut memang bijak dan dapat digunakan untuk memacu semangat berkompetisi tak hanya bagi para peserta yang notabene-nya adalah siswa SMA tetapi juga untuk para mahasiswa agar dapat menghasilkan karya yang baik & unggul dengan semangat kompetisi yang tinggi sesuai dengan studi meraka. (Afif)

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru

Skripsi Online

Contact Us

Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202Purwokerto 53182

Kembaran, Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 63424 Fax  : (0281) 637239